Pengaruh Media Sosial - MEDIA MASSA IBARAT PISAU BERMATA DUA
MEDIA MASSA IBARAT
PISAU BERMATA DUA
aplikasi sosial media
Disadari atau tidak,
pola pikir dan perilaku masyarakat saat ini kebanyakan terpengaruh oleh kultur
media massa. Bermunculan media informasi yang sangat pesat bak jamur tumbuh di
musim hujan disambut layaknya makanan lezat oleh orang yang lapar atau air yang
sejuk oleh orang yang haus.
Media massa merupakan satu di antara
alat komunikasi yang sangat luas jangkauanya karena sifatnya yang publik dan
tersebar di mana-mana, seperti Koran,majalah,media elektronik seperti televisi
dan radio. bahkan kini muncul media dalam jaringan atau online yaitu berita
online, Tv online, dan lain sebagainya.
Dengan akses globalnya lewat
media kita bisa menyelusuri batas wilayah serta memperpendek jarak antar Negara
maupun individu sehingga tidak ada lagi batasan budaya maupun batasan
komunikasi. Media bisa mengembangkan pengetahuan komunitas dari berbagai
bahasa, agama, suku, bangsa dan Negara.
Jika di telusuri, paling tidak ada enam
peran media massa dalam kehidupan sosial, terutama dalam kehidupan masyarakat
modern seperti saat ini.
· Pertama, melihat media massa. Sebagai window on event and experience. Media dipandang sebagai jendela
yang memungkinkan melihat apa yang sedang terjadi di luar sana. Atau
media merupakan sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa.
· Kedua, media juga sering dianggap sebagai a mirror of event in society and the world,
implying a faithful reflection. cermin berbagai peristiwa yang ada di
masyarakat dan dunia, yang merefleksikan apa adanya.
· Ketiga, memandang media massa sebagai filter, atau gatekeeper yang menyeleksi berbagai hal untuk diberi perhatian
atau tidak.
· Keempat, media massa seringkali pula dipandang sebagai guide, penunjuk jalan atau interpreter yang menerjemahkan dan
menunjukkan arah atas berbagai ketidakpastian, atau alternative yang beragam.
· Kelima, melihat media massa sebagai forum untuk
mempresentasikan berbagai informasi dan ide-ide, sehingga
memugkinkan terjadinya tanggapan dan umpan balik.
· Keenam, media massa sebagai interlocutor, yang tidak hanya sekedar tempat berlalu lalangnya
informasi, tetapi juga partner komunikasi yang memungkinkan terjadinya
komunikasi interaktif. Pendeknya, semua itu ingin menunukkan, peran media dalam
kehidupan sosial bukan sekedar sarana difersion,
pelepas ketegangan atau hiburan, tetapi isi dan informasi yang disajikan,
mempunyai peranan signifikan dalam proses sosial.
Selain keenam peran
tersebut. Media massa juga sering disebut sebagai kekuatan keempat setelah
kekuatan legislatif , eksekutif dan yudikatif. Kekuatan keempat bertugas untuk
memperhatikan ketiga kekuatan yang memerintah suatu Negara. Hal ini dimaksudkan
ada ruang publik yang bisa mengontrol pemerintah “the public sphere”.
PESATNYA PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL
pesatnya perkembangan media sosial
Perkembangan informatika
dan komunikasi semakin hari semakin pesat. Keberadaan internet benar-benar
membuat akses informasi dan komunikasi semakin cepat dan mudah. Masyarakat dari
kalangan manapun dapat mengakses berbagai berita cukup menggunakan ponsel atau
komputernya.
Di antara istilah paling mutakhir saat
ini adalah apa yang kita kenal dengan “jejaring sosial” atau “media sosial”.
Belakangan ini, medsos benar-benar mewarnai kehidupan masyarakat di dunia,
menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Tak terkecuali kita kaum
muslimin. Sebut saja “Facebook, Twitter, Youtube, WhatsAPP, Instagram dan
sebagainya merupakan aplikasi medsos paling ngetrend hamper-hampir selalu ada
di gadget setiap orang. Layanan SMS dan telepon tidak lagi menjadi layanan
utama dalam berkomunikasi.
Cirri
utama media sosial atau jejaring sosial adalah bisa bertukar informasi dengan
mudah dan cepat. Biasanya berupa chatting, blogging, forum diskusi, dan
berbagai pesan gambar, audio, dan video. Karena merupakan “dunia maya” yang
terhubungkan melalui jaringan internet, maka media ini bersifat tanpa batas.
Media sosial seperti Facebook, Twitter,
Youtube, WhatsAPP, Instagram dengan fitur-fitur like,share-feed, tweet-retweet,
upload-download,selfi-regram,post-repost telah menjadi kosakata modern yang
akrab dengan keseharian masyarakat kita hampir satu dekade terakhir. Sayangnya,
euforia click aktifism menunjukkan
potret masyarakat pada dua kondisi. Pertama,
mereka yang mampu mengakses dan berbagi informasi secara fungsional, semakin
berpengetahuan, semakin berdaya, dan memiliki peluang dalam banyak hal berkat
teknologi informasi-komunikasi. Kedua,
adalah mereka yang gagap teknologi, hanya menikuti tren, penjadi sasaran empuk
bagi pasar teknologi. Dan terus berkutat dengan cerita dan keluhan dampak
negative teknologi terhadap kehidupan sehari-hari.
0 Response to "Pengaruh Media Sosial - MEDIA MASSA IBARAT PISAU BERMATA DUA"
Post a Comment